Pengertian Kiblat Atau Arah Kiblat.

No Comments

Pengertian Kiblat Atau Arah Kiblat

Kiblat berasal dari kata dalam bahasa Arab, yaitu al-Qiblah, yang mengartikan keadaan seseorang yang menghadap. Lalu, kata ini digunakan oleh orang muslim untuk istilah arah yang dituju ketika ia shalat. Karena seorang muslim diwajibkan shalat menghadap Ka’bah.

Di sini ada dua istilah yang saling bertautan, yakni: “kiblat” dan “ka’bah”.

Ka’bah menurut kbbi adalah bangunan suci yang terletak di dalam Masjidilharam di Mekah, berbentuk kubus, dijadikan arah kiblat shalat bagi umat Islam dan tempat tawaf pada waktu menunaikan ibadah haji dan umrah.

  • Hukum Menghadap Kiblat

Menghadap kiblat ketika shalat merupakan syarat sah shalat seorang hamba jika ia mampu. Para ulama satu kata dalam hal ini. Imam Ibn Rusyd (w. 595 H) menjelaskan,

 

.“اتَّفَقَ الْمُسْلِمُونَ عَلَى أَنَّ التَّوَجُّهَ نَحْوَ الْبَيْتِ فى الصلاة شَرْطٌ مِنْ شُرُوطِ صِحَّةِ الصَّلَاةِ

“Kaum muslimin telah bersepakat bahwa menghadap ke arah Baitullah ketika shalat merupakan salah satu syarat sah shalat”.

 

Mereka berdalil, antara lain, dengan firman Allah ta’ala,

 

. فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوا وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ

Artinya: “Hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu”. QS. Al-Baqarah (2): 144.

 

Juga hadits Nabi shallallahu’alaihiwasallam,

 

. إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلَاةِ فَأَسْبِغِ الْوُضُوءَ ثُمَّ اسْتَقْبِلِ الْقِبْلَةَ فَكَبِّر

“Jika engkau hendak menunaikan shalat, maka sempurnakanlah wudhu, lalu menghadaplah ke kiblat dan bertakbirlah”. HR. Bukhari (no. 6251) dan Muslim (no. 884) dari Abu Hurairahradhiyallahu’anhu.

 

  • Adakah Orang Yang Tidak Diwajibkan Menghadap Kiblat?

Untuk orang yang mampu menghadap ke arah kiblat adalah hukum yang wajib untuk dikerjakan ataupun dilakukan. Bahkan diatas sudah dijelaskan, menghadap kea rah kiblat merupakan syarat sah, bagi orang yang mampu. Jadi dari kesimpulan ini bisa kita artikan bahwa orang yang tidak mampu menghadap kiblat maka ia tidak wajib untuk menghadap kiblat.

 

Siapa sajakah orang-orang yang mendapatkan dispensasi untuk tidak diharuskan menghadap kiblat ketika shalat?

Mereka antara lain:

  1. Orang yang tidak mampu untuk menghadap kiblat, karena sakit misalnya. Akibat sakit yang begitu parah, sekedar untuk menggerakkan tubuhnya ke arah kiblat saja ia tidak mampu. Dalam kondisi seperti ini maka shalatnya dianggap sah, kemanapun ia menghadap. Dalilnya firman Allah ta’ala,

.“فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ

 

Artinya: “Bertakwalah kepada Allah menurut kemampuan kalian”. QS. At-Taghabun (64): 16.

 

  1. Orang yang dalam keadaan super takut, misal karena dikejar musuh, dan ia lari bukan ke arah kiblat. Jika ia mengalami kondisi seperti itu dan masuk waktu shalat, maka diperbolehkan baginya untuk shalat tidak menghadap kiblat, bahkan sambil berlari sekalipun. Ia shalat dengan menggunakan isyarat. Dalilnya firman Allah ta’ala,

.“فَإِنْ خِفْتُمْ فَرِجَالًا أَوْ رُكْبَانًا

 

Artinya: “Jika kalian takut (ada bahaya), maka shalatlah sambil berjalan kaki atau berkendaraan”.QS. Al-Baqarah (2): 239.

 

  1. Orang yang sedang bepergian naik kendaraan dan hendak menunaikan shalat sunnah. Ia diperbolehkan untuk menunaikan shalat di atas kendaraan, walaupun kendaraannya tidak menghadap ke arah kiblat. Dalilnya sebuah hadits sahih yang dituturkan oleh Ibn ‘Umarradhiyallahu’anhuma,

.كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسَبِّحُ عَلَى الرَّاحِلَةِ قِبَلَ أَيِّ وَجْهٍ تَوَجَّهَ، وَيُوتِرُ عَلَيْهَا، غَيْرَ أَنَّهُ لَا يُصَلِّي عَلَيْهَا الْمَكْتُوبَةَ

 

“Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam biasa mengerjakan shalat sunnah di atas kendaraan, dengan menghadap ke arah manapun yang dituju kendaraan. Beliau juga melaksanakan shalat witir di atasnya. Namun beliau tidak pernah menunaikan shalat wajib di atas kendaraan”. HR. Bukhari (no. 1097) dan Muslim (no. 1616).

 

Kurang lebih seperti itu pengertian kiblat, hukum menghadap kiblat dan orang yang tidak diwajibkan untuk menghadap kiblat. Mudah – mudahan artikel singkat ini dapat membantu menyelesaikan Anda dalam kebingungan arah kiblat. Dan bila Anda ingin membuat petunjuk arah kiblat bisa kunjungi kami disini.

 

Keyword : arah kiblat.

Categories: blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *